Pemberdayaan Jejaring Kerjasama

Upaya yang dilakukan untuk mewujudkan pemberdayaan jejaring kerjasama mitra (industri, instansi pemerintah/kelembagaan, perguruan tinggi lain) serta masyarakat umum dan pemanfaatan sarana dan prasarana, untuk penyelenggaraan dan pengembangan Tri dharma perguruan tinggi PPNS adalah dengan mengoptimalkan peran masing – masing sub-unit yang ada di bawah unit kerja sama, sesuai dengan tupoksi dan program kerja yang telah disusun. Sub unit yang berada di bawah unit kerja sama adalah Sub-unit layanan bisnis dan jasa produksi dan sub unit kerja sama industry, kelembagaan dan kerja sama internasional.Upaya yang dilakukan unit kerja sama dalam tri dharma perguruan tinggi adalah:

  1. Mengoptimalkan peran dan fungsi IAB PPNS, dalam rangka penyusunan kurikulum berbasis KKNI.
  2. Mengoptimalkan peran industri mitra pada proses pembelajaran dengan memasukkan produk industry dalam materi pembelajaran, sehingga pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan actual kebutuhan industry.
  3. Membuat teaching and learning material development (TLMD), sebagai bagian pemamnfaatan hibah untuk pengembangan proses pembelajaran di PPNS.
  4. Melakukan kerja sama dengan industri dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dalam penerapan teknologi perkapalan.
  5. Meningkatkan kualitas layanan bisnis dan jasa produksi, dengan membuat SOP dan instruksi kerja yang sesuai panduan mutu unit jaminan mutu PPNS, sehingga kualitas layanan dapat ditingkatkan.
  6. Meningkatkan dan melakukan revitalisasi MoU kerjas sama yang telah di tanda tangani dengan beberapa universitas di luar negeri dalam rangka pelaksanaan double degree dan student exchange.
  7. Meningkatkan intensitas komunikasi dengan alumni dalam rangka stadium general/kuliah tamu pada seluruh program studi untuk memberikan pembelajaran spesifik tentang proses kualifikasi prosedur di industri.
  8. Program alumni mengajar, memberikan kesempatan kepada alumni untuk berbagi ilmu pengetahuan terapan di dunia industry kepada mahasiswa di PPNS.

 

Dalam hal pengembangan sarana dan prasarana kampus untuk menunjang keunggulan institusi, yang dilakukan oleh PPNS adalah: menjalin kerjasama dengan industri untuk mengembangkan sarana dan prasarana, yang bisa digunakan untuk kegiatan perkuliahan dan praktek laboratorium atau bengkel, maupun fasilitas yang lainnya. Bentuk dari aktivitas ini dapat berupa pemberian fasilitas laboratorium dari industri, selain itu dapat berupa peers grup, sebagai partner yang peduli dengan upaya PPNS dalam pengembangan pendidikan tinggi berbasis vokasi maupun peningkatan kualitas teknologi yang dibutuhkan bangsa Indonesia maupun dunia.Upaya yang dilakukan unit kerjasama dalam pengembangan sarana dan prasarana kampus untuk menunjang keunggulan institusi adalah:

  1. Melakukan kerjasama dengan PT. KAI dalam rangka untuk pengembangan SDM PT KAI di bidang pengelasan, dengan melakukan pelatihan sertifikasi welder
  2. Melakukan kerjasama dengan NDT centre, untu melakukan training sertifikasi para dosen dan tendik dalam bidang non destructive examination berstandard internasional ASNT (American society of non destructive testing)
  3. Melakukan kerjasama deng PT We Chai, dan memberikan satu set permesinan kapal di PPN untuk membantu proses pembelajaran.
  4. Sumbangan 5 alat hasil tugas akhir berupa alat simulator kemudi kapal, simulatorloading unloading container, virtual tour kapal berbasis virtual reality, media edukasi pengenalan jenis kapal berbasil augmented reality, dan pengenalan automatic ballast kapal berbasis augmented reality pada tahun 2017.
  5. Sumbangan alat pengujian performance pompa seri dan pararel pada tahun 2010 yang ditempatkan di laboratorium fluida.
  6. Sumbangan alat sistem monitoring kondisi ruangan suhu, kelembaban arus listrik, asap dan sensor asap pada 2017 yang di tempatkan di laboratorium.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed