Manfaat Kerjasama yang Telah Dilakukan PPNS

Manfaat yang didapatkan dari kerjasama yang telah dilakukan oleh PPNS  dengan berbagai pihak, sangat berdampak pada kemajuan PPNS. Manfaat dan kepuasan mitra PPNS antara lain dapat digambarkan sebagai berikut:

1. Jumlah anggota IAB yang terus bertambah

Bertambahnya anggota IAB berdampak langsung pada ketersediaan tempat On Job Training (OJT) bagi mahasiswa, daya serap lulusan yang meningkat (dapat dilihat dari masa tunggu kerja lulusan yang semakin pendek). Pada tanggal Desember 2020 dilakukan pertemuan IAB dengan nama PPNS Advisory Board dengan tema Melejit bersama Vokasi yang dihadiri hampir 60 industri baik secara daring maupun luring.

Gambar Pelaksanaan Workshop IAB PPNS 2016

Dari evaluasi yang dilakukan terlihat manfaat dari pelaksanaan IAB tahun 2016-2020 adalah adanya Letter of Intents dari  industri, tidak sekedar tempat OJT, namun industri juga berperan dalam beberapa kegiatan yang ada di PPNS, seperti terlihat dari tabulasi berikut:

Gambar Letter of Intents Industri

2. Meningkatnya kepercayaan mitra Perguruan Tinggi luar negeri

Bertambahnya jumlah Perguruan Tinggi luar negeri yang bekerjasama dengan PPNS akan meningkatkan kerjasama program double degree. Sebagai contoh adalah kerjasama double degree mahasiswa PPNS dengan Perguruan Tinggi di Perancis, Korea, dan program 2+i dengan Taiwan yang didukung oleh Taiwan. 

Gambar Mahasiswa PPNS di Perancis

Pada tahun 2016 sejumlah 20 mahasiswa PPNS berangkat ke Daegu University, Korea Selatan dalam rangka program double degree, dengan pola Magang, Tugas akhir, saat ini mereka telah menyelesaikan kuliah dan Tugas akhir di PPNS. Tambahan kuliah 1 tahun dilakukan untuk mendapatkan degree dari Daegu University. Pada tahun 2018, 10 mahasiswa juga mengikuti double degree/credit transfer dengan Kunsan National University, Korea.

Gambar Mahasiwa PPNS di Korea

Kerjasama dalam bentuk student exchange antara PPNS dan UniKL Malaysia, terjalin dari tahun 2016 hingga saat ini.  UniKL menimba ilmu di PPNS, begitu pula 6 orang mahasiswa PPNS menimba ilmu di UniKL selama kurang lebih satu semester.

Gambar Mahasiswa UniKL di PPNS

3. Meningkatnya kerjasama melalui sub unit Layanan Bisnis, Pusat Jasa dan Produksi(PJP)

Peningkatan kerjasama dari unit PJP akan meningkatkan jumlah dana PNBP PPNS. Kerjasama PPNS dan mitra kerja dapat terlihat dalam bentuk berbagai kerjasama bidang jasa dan produksi, seperti terlihat pada Gambar 7.3.9 berikut:

Gambar Penerimaan PNBP Tahun 2018-2019

Dari data di atas, jumlah intansi dalam negeri yang menjalin kerjasama dengan PPNS tahun menunjukkan kenaikan jumlah yang signifikan pada tahun 2018 dan 2019 yang melakukan kerjasama dalam bentuk pengujian dan jasa produksi dengan PPNS, hal ini bisa dikatakan terjadi peningkatan kepuasan mitra kerjasama dengan instansi terkait.

Pada kuesioner untuk bidang jasa dan produksi, didapatkan data kepuasan mitra kerjasama yang berkaitan dengan proses, dan hasil kerjasama. Berikut ini meruapakan hasil kepuasan pengguna jasa Pusat Jasa Produksi, seperti ditunjukkan pada di bawah.  Atribut penilaian terdiri dari sembilan atribut yaitu kesesuaian dengan standar yang dikehendaki, penguasan teknik, keramahan, kecepatan waktu, keramahan adminitrasi, kualitas, penyedian informasi, kecepatan waktu pengujian da harga jasa pekerjaan. Kuisioner diberikan saat pelanggan telah mendapatkan pelayanan.

Gambar Hasil kuisener kepuasan pelanggan

Berdasarkan hasil penilaian didapatkan nilai sangat baik artinya pelayanan di PJP dinilai sangat baik oleh pelanggan. Atribut kesesuaian dengan standar yang dikehendaki dan penguasan teknik teknisi memiliki nilai paling tinggi, sedangkan kecapatan waktu pengujian dan harga jasa/pekerjaan memiliki lebih rendah dibanding aribut yang lain. Namun demikian,  semua atribut masih berada dalam kategori sangat baik.

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most popular

Most discussed